Bandung Kota Taman


Selain istilah Bandung Heurin Ku Tangktung, yang artinya: Bandung padat oleh kegiatan yang berdiri (bangunan, industri, wirausaha, dll). Dan istilah Bandung Diriung Ku Gunung, yang artinya: Bandung Dikelilingi Gunung. Rupanya belum cukup untuk mendefinisikan Kota Bandung itu sendiri. Masih banyak istilah-istilah yang dapat dilekatkan pada Kota Bandung yang memiliki semboyan “Kota Kembang” ini. Mungkin karena semboyan “Kota Kembang” itulah, Kota Bandung memiliki banyak taman kota. (Karena di taman kan pasti ada “Kembang”šŸ˜› *logic*)

Tau gak sih?

Kota Bandung memiliki sekitar 600 taman yang tersebar keseluruh penjuru kota. Mungkin warga kota Bandung nya sendiri ada yang belum tau bahwa kota mereka memiliki taman sebanyak itu.

Salah satu taman yang akan dibahas di artikel kali ini adalah Taman Balai Kota.

Bandung City Hall

Taman Balai Kota merupakan salah satu taman terbuka hijau yang berada di pusat kota Bandung, sekaligus digunakan untuk kantor pemerintahan wali Kota Bandung. Taman yang berseberangan dengan Bank BI ini bahkan berdekatan dengan Jalan Braga yang dapat ditempuh dengan jalan kaki, karena hanya berjarak kurang lebih 200-300 meter.

Balkot - Braga

Terdapat banyak spot menarik di taman balai kota, selain dihiasi dengan pohon-pohon besar yang membuat pengunjung merasa segar bila berada disana, juga terdapat hall, patung Rd. Dewi Sartika yang merupakan istri dari presiden pertama Indonesia, kolam yang diatasnya terdapat patung badak, sampai tempat-tempat yang enjoy untuk berkumpul bersama teman dan keluarga.

Pohon Patung Badak Spot Enjoy Hall Prasasti Patung Rd Dewi Sartika Kantor BalkotTaman Balai Kota Bandung menjadi favorit warga kota Bandung, terlebih ketika week end atau ketika minggu pagi menjelang. Banyak sekali aktivitas warga yang dilakukan disini. Mulai dari olah raga, sampai kumpul komunitas. Komunitas yang sering ngumpulĀ disini pun beragam, mulai dari organisasi resmi seperti paskibraka dan marching band.Ā Komunitas hobi sepertiĀ modern dancer, skateboard, sampai yang menurut saya menarik, yaitu komunitas sendal jepit, saya temui disini.

Paskibraka

Hall

Sayapun memberanikan diri untuk berkenalan dengan salah satu komunitas yang berada disana, Ā komunitas cosplay, yang sedang melakukan kegiatan mencari dana.

Narsis Dulu Komunitas CosplaySuasana nyaman dengan nuansa yang alami, itulah sebabnya mengapa banyak orang yang menjadikan taman balai kota menjadi tempat favorit. Namun disisi lain, masih ada saja hal yang mungkin dapat merusak mood ketika kita berkunjung kesana: sampah! Meskipun keseluruhan taman tersebut relatif bersih, namun pemandangan seperti ini tentunya tidak ingin merusak suasana hati, kan!

Sampah!

Selain dapat membuat relax, taman ini berada di tempat yang strategis, karena terdapat di salah satu jalan utama kota Bandung, dengan akses yang mudah tentunya. Taman balai kota yang menduduki tanah seluas kurang lebih sekitar 13000-14000 meter persegi ini, memiliki area parkir yang luas pula bagi kendaraan, dan tidak dikenakan tarif sepeserpun! Namun hati-hati, karena di pintu masuk terdapat peraturan yang melarang, bahwa kendaraan yang tidak lulus uji emisi, maka kendaraan tersebut dilarang untuk masuk!

kantor balkot

pintu masuk

One thought on “Bandung Kota Taman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s