Jadi Zebra Cross itu Buat Apa?


sumber : diimaazazza

sumber : diimaazazza

Mungkin judul artikel diatas dapat menggambarkan perasaan kesal saya ketika mendapati penyalahgunaan fasilitas penyebrangan yang satu ini. Banyak oknum yang mungkin belum tahu, tidak tahu, tahu tapi lupa, atau tahu tapi masa bodo amat akan fasilitas yang berguna bagi penyebrang di jalan raya ini. Mungkin juga kurangnya informasi yang didapatkan oknum ‘pelanggar’ tersebut mengenai fungsi zebra cross. Sehingga, hampir setiap waktu di jalan raya, terjadi kelalaian yang dilakukan oleh oknum ‘pelanggar’ terhadap zebra cross, yang secara tidak sadar, hal itu adalah ilegal dan melanggar hukum.

Zebra Cross di Perempatan Jl. Buah Batu, Bandung

Zebra Cross di Perempatan Jl. Buah Batu, Bandung

Zebra cross, mungkin saja para pembaca sekalian pernah melakukan kegiatan menyebrang jalan, dengan menggunakan jalur yang berwarna belang putih seperti corak zebra ini. Banyak sekali jasa yang dapat diberikan dari jalur penyebrangan zebra cross, bukan saja untuk sekedar ‘nyebrang’ jalan, namun juga sebagai fasilitas penunjang tata kota tentang keselamatan dan kenyamanan warga nya di jalan raya.

Zebra Cross didepan Kampus, Itenas Bandung

Zebra Cross didepan Kampus, Itenas Bandung

Kekesalan yang saya rasakan ini terjadi ketika saya akan menyebrang di depan kampus. Disana tersedia zebra cross yang mungkin baru beberapa bulan dibuat. Namun ketika saya hendak menyebrang, saya malah di klakson oleh kendaraan yang lewat… Yaelah, saya sudah pakai zebra cross masih di klakson juga!

Kekesalan yang lain adalah, ketika saya berkendara. Saya berhenti di persimpangan jalan ketika lampu merah rambu lalu lintas menyala. Dan… Padahal disana ada RHK (Ruang Henti Kendaraan) khusus sepeda motor, tapi masih banyak saja para pengendara sepeda motor ini yang berhenti bukan di RHK, malah berhenti di zebra cross! Dan yang paling ekstrim, ada banyak juga yang berhenti melewati zebra cross. Dan kondisinya pada saat itu, ada orang yang mau menyebrang jalan sampai harus nyempil melipir ke sela-sela ruang motor berhenti itu. Parah! Mereka yang melipir harusnya mendapatkan hak nya ketika menyebrang di zebra cross, dong! Dan kalo dipikir lagi, orang yang tidak bisa mendapatkan apa yang menjadi hak nya, disebut pelanggaran HAM kan? Kalau saya jadi orang itu sih, saya berani deh nendang motor yang berhenti di jalur zebra cross itu. Berhubung konteks saat ini adalah bulan Ramadhan, jadi saya sabar aja! O:)

Saya pun tidak bisa berharap lebih, karena pengetahuan saya tentang hak dan kewajiban pejalan kaki yang menggunakan zebra cross pun, saya kurang. Harapan lainnya adalah dengan menggunakan jembatan penyebrangan. Namun yaa itu tadi, ‘penyalahgunaan fasilitas’ di negeri ini tuh udah banyak banget. Jembatan penyebrangan hanya digunakan sebagai tempat tinggal para homeless, dengan infrastruktur yang tidak mumpuni untuk dilewati, kebanyakan jembatan penyebrangan kotor, rawan kejahatan, penuh dengan coretan, sampai bau pesing!😦

Googling UU Zebra Cross

Googling UU Zebra Cross

Dipertemukan dengan Artikel ini!

Dipertemukan dengan Artikel ini!

Setelah saya Googling, ternyata ada lho undang-undang yang mengatur perihal zebra cross ini, yaitu Undang-Undang No. 22 Tahun 2009. Namun disana hanya disebutkan fasilitas yang wajib ada di jalan raya. Tidak menyebutkan hak-hak yang harus dipatuhi dalam fasilitas tersebut, dan tidak menyebutkan pula sanksi yang akan didapatkan bila kita melanggarnya. See? Undang-undang nya saja saya baru tahu, meskipun dengan isi yang kurang begitu jelas. Apalagi orang awam yang tidak sengaja googling tentang hal ini, dan apalagi orang yang tidak mau peduli! Gak akan googling kali ya!😦

Kalau saya bisa bikin aturan buat undang-undang yang khusus mengatur zebra cross sih, mungkin saja saya akan membuat peraturan seperti ini:

  1. Zebra Cross adalah fasilitas negara yang terdapat di Jalan Raya. Semua elemen masyarakat di Indonesia wajib membuat, merawat, menjaga, dan mengawasi fasilitas tersebut.
  2. Zebra Cross diperuntukkan pejalan kaki di Jalan Raya, kendaraan bermotor sepatutnya menghargai hak pejalan kaki yang menggunakan fasilitas tersebut
  3. Kendaraan bermotor sepatutnya menurunkan kecepatan kendaraannya bila melewati zebra cross. Guna tercipta kenyamanan dan ketertiban semua elemen masyarakat di Indonesia.
  4. Penyalahgunaan fasilitas zebra cross oleh semua elemen masyarakat dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dan harusnya, kembali lagi, kalo saya bisa bikin aturan perihal advantage seseorang menggunakan zebra cross untuk menyebrang, saya akan membuatnya seperti ini:

  1. Pejalan kaki dijamin kemananan dan kenyamananannya selama menggunakan zebra cross.
  2. Pejalan kaki tidak perlu khawatir mendapatkan perlakuan tidak semestinya dari pengguna kendaraan bermotor saat menggunakan zebra cross.
  3. Pejalan kaki dilindungi oleh hukum dan undang-undang yang berlaku selama menggunakan zebra cross.
  4. Pejalan kaki mendapatkan asuransi jika terjadi kecelakaan ketika menggunakan fasilitas zebra cross.

Maaf ya, No Offense pokoknya dengan artikel yang saya buat ini. So, bila pembaca sekalian merupakan pengendara, alangkah baiknya memikirkan kembali, bila kalian di posisi penyebrang, dan saat kalian mau nyebrang, malah di klakson, gondok dan kesal nya itu kayak gimana coba!😦 buat para pejalan kaki, bila hak kalian tidak dipenuhi ketika menyebrang jalan di zebra cross, jangan ragu untuk menegur para pelanggar itu! Tenang, kalian pantas mendapatkan apa yang seharusnya kalian dapatkan kok!

Semoga artikel ini dapat menjadi masukan bagi siapa saja yang memiliki kapabilitas untuk mengubah, menangguhkan, dan memperjelas peraturan perundang-undangan mengenai fasilitas di jalan raya. Trims!😉

3 thoughts on “Jadi Zebra Cross itu Buat Apa?

  1. Yah gitu deh. Emang yang paling kasihan pejalan kaki ihiks. Pernah sampai hampir ribut gara2 ga mau minggir dari halte yang notabene satu jalur sama trotoar. Si pengendara motor melotot2 ke saya sambil siap2 ngegas T_T.

  2. curhatan yang nginspirasi buat tugas kuliah, makasih mas (y)
    saya juga pernah punya pengalaman kayak mas malah saya di hardik sama pengendara motor,padahal saya udah nyebrang di zebra cross,dia yang salah malah saya yang hardik😦

  3. di luar negeri, kalau ada penyebrang jalan sudah menginjakkan satu kakinya di atas zebra cross dan satu kaki masih di trotoar… pengemudi wajib memberi mereka jalan… sebenernya saat uji SIM tertulis juga dikasih tau aturan itu.. cuma kan di sini SIMnya tembaaaakkkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s