Merasakan Deg-degan di Sungai Elo Magelang

Menikmati liburan di Jogja bisa dilakukan dengan berbagai alternatif destinasi yang tersedia di kota gudeg tersebut. Mulai dari berbelanja di kawasan jalan Malioboro, mencari busana di pasar Beringharjo, pergi ke museum atau keraton, pergi ke kawasan Gunung Kidul untuk menikmati pantainya, sampai menenangkan diri di candi. Jika merasa bosan dengan hal-hal tersebut, cobalah wisata yang satu ini di daerah Magelang. Dijamin, kegiatan ini bisa memacu adrenalin!🙂

Bersiap untuk Meluncur! :mrgreen:

Bersiap untuk Meluncur!:mrgreen:

Sungai Elo, salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Magelang ini menawarkan wisata kegiatan rafting yang pastinya dapat membuat jantung berdegup lebih kencang dari biasanya. Ditempuh sekitar 45 menit dari kota Jogjakarta, rasanya tidak sabar saya dan teman-teman untuk segera sampai di tempat tujuan.

Bergaya Dulu! :P

Bergaya Dulu!😛

Setelah sampai di tujuan, saya dan teman-teman dibimbing untuk mengenakan pelampung dan pengaman lainnya agar selamat selama rafting berlangsung. Kami dibiarkan untuk memilih pelampung, helm, dan dayung mana yang akan kami gunakan untuk rafting. Sebelum terjun ke sungai, para pembimbing menjelaskan kepada kami tentang sungai Elo, mulai dari arus, rintangan yang akan kami hadapi, sampai larangan yang tidak boleh kami lakukan selama di sungai. Setelah penjelasannya selesai, para pembimbing memberikan pelatihan singkan tentang tata cara penggunaan pelampung, penggunaan dayung yang benar, posisi duduk di perahu karet, sampai teknik-teknik menyelamatkan diri dan orang lain jika tercebur ke sungai.

Setelah Berganti Kostum

Setelah melakukan pemanasan, kami langsung meluncur ke sungai. Kami memilih perahu karet mana yang harus kami pergunakan, satu perahu karet diisi maksimal oleh 6 orang. Kami terbagi menjadi formasi 5-5-5 karena jumlah kami 15 orang. 3 perahu karet dari Bandung siap meluncur! Dimulai dengan bismillah, adrenalin langsung terpacu karena derasnya aliran sungai Elo membuat jantung saya berdegup kencang. Saya melirik jam tangan, waktu menunjukkan pukul 13.14 siang.

Deras sungainya bikin deg-degan!

Tak hanya menikmati derasnya sungai, saya pun menikmati suguhan pemandangan yang memanjakan mata. Dimulai dengan rindangnya pepohonan, hamparan sawah, bebatuan yang tinggi menjulang, dan indahnya air terjun kecil yang terdapat dibeberapa titik sungai Elo. Meskipun pemandangan yang tidak mengenakan sering kali kami temui, yaitu sampah, orang yang buang air, dan orang mandi. Malah, teman saya yang berada di tengah (foto diatas, cewek satu-satunya yang akrab dipanggil Ira) tercebur ke sungai gara-gara memerhatikan orang yang sedang mandi!😆 menurut pembimbing kami, hal tersebut sering kali terjadi, karena kami memilih shift siang, jam nya orang-orang mandi sore! Kegiatan rafting tersedia 2 shift perhari, yaitu shift pagi (dari pagi sampai siang) dan shift siang (dari siang sampai sore).

si team yang selalu menang :|

si team yang selalu menang😐

Kegiatan yang pastinya asyik dilakukan adalah balapan mendayung perahu karet, dari ketiga perahu yang beradu cepat, perahu kami selalu yang paling terakhir. Ditambah, jika dibandingkan dengan kedua perahu yang lain, perahu kami lah yang selalu nyangkut di bebatuan, malah sampai terbalik.😐 meskipun begitu, tim kami selalu dihujani pujian oleh pembimbing lain karena kerja sama tim yang kompak. Kenapa kompak? Karena jika jatuh ke sungai, ya semuanya jatuh!:mrgreen: Sungguh kegiatan yang mengasyikan meskipun kami harus selalu dituntut waspada dengan keselamatan.

se-dada bebek! :lol:

airnya sejuk!😉

Tidak lupa untuk memanjakan jasa wisata nya, pembimbing kami menjelaskan jika beberapa titik di sungai Elo dapat digunakan untuk berenang. Kami pun mencoba ‘nyebur’ dan berengang mengikuti arus. Pembimbingnya ramah dan mampu memecah suasana, terbukti ketika teman saya bertanya berapa kedalaman sungai yang kami gunakan untuk ‘nyemplung’ beliau menjawab:

“ah dangkal kok! Liat tuh bebek aja cuma se-dada!”

Kamipun tertawa cekikikan.

Kiri: Si Erik Gembul

Kiri: Si Erik Gembul😆

Setengah perjalanan, kami pun menepi dan disuguhi dengan berbagai makanan yang disediakan oleh penyedia jasa rafting. Mulai dari gorengan, lontong, puding, dan minuman favorit saya: Degan! Setelah sekitar 10 menit melepas lelah, kami kembali menempuh derasnya sungai Elo. Malah lebih deras dan berbatu.

Perjalanan Terakhir! :D

Perjalanan Terakhir!😀

Akhirnya kegiatan rafting beres, saya kembali melirik jam tangan, waktu menunjukkan pukul 17.19 sore. Menurut informasi yang saya dapatkan, shift pagi dimulai dari jam 8 pagi dan berakhir jam 12 siang. Sementara untuk shift siang dimulai dari jam 1 siang dan berakhir jam 5 sore, jarak tempuh sungai sekitar 6 kilometer. Dengan biaya Rp 100.000/orang, peserta mendapatkan transportasi antar-jemput dari hotel ke titik awal kegiatan rafting (karena kami menginap di Magelang), perlengkapan rafting serta pengaman, pelatihan mengenai rafting, pembimbing perjalanan yang ramah selama di sungai, snack, keamanan barang bawaan, fotografer yang mengambil gambar-gambar diatas, dan pastinya pengalaman! Saya rasa harga tersebut tidak sebanding dengan pengalaman dan kepuasan yang didapatkan.

Hasil Pencarian di Google

Jika berniat melakukan kegiatan rafting, jangan lupa reservasi terlebih dahulu. Karena kami memilih paket hotel yang disertakan dengan paket rafting, jadi kami tidak perlu repot mencari nomor kontak yang bisa dihubungi. Tapi jangan khawatir! Setelah saya cari di internet dengan keyword “Rafting Sungai Elo Magelang” ternyata ada banyak nomor kontak penyedia jasa wisata rafting yang bisa hubungi. Lengkap dengan harga dan fasilitas yang didapatkan. Tertarik untuk ‘deg-degan’ di sungai Elo Magelang?😉

6 thoughts on “Merasakan Deg-degan di Sungai Elo Magelang

1. baru 2 bulan lalu ke sini, pulangnya langsung sakit kehujanan🙂

kemarin rafting yang jaraknya sekitar 12 KM
    sayang jeramnya cuma sampai grade 3, jeramnya juga sedikit
    tapi sepertinya cukup menantang buat pemula:mrgreen: