Gelap-gelapan di Goa Pindul Gunung Kidul


Begitu banyak destinasi wisata yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta, kekayaan alamnya tak habis dinikmati untuk memanjakan diri selama pergi melancong ke daerah tersebut. Kabupaten Gunung Kidul misalnya, menyediakan banyak macam alternatif wisata yang recommended untuk dikunjungi. Tak hanya pantai, kali ini saya dan teman-teman meluncur ke Goa Pindul untuk menikmati cave rafting.

Selamat Datang di Goa Pindul

Selamat Datang di Goa Pindul

Dengan jarak tempuh sekitar 40 menit dari hotel kami di kawasan Malioboro, saya janjian dengan penyedia jasa wisata Goa Pindul di Alun-alun Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul. Tidak lama kami menunggu, seseorang bermotor menjemput kami, dan kendaraan yang kami tumpangi pun mengikuti motor tersebut. Melewati jalanan perkampungan yang sempit dan berkelok, akhirnya kami tiba di Wirawisata Goa Pindul.

Sugeng Rawuh! :)

Sugeng Rawuh!🙂

Sesampainya di pintu masuk, kami membayar harga tiket masuk seharga Rp 30.000,- kami dipersilakan untuk ‘berganti kostum’ mengenakan pakaian yang akan kami pakai untuk rafting. Setelah berganti baju di tempat yang telah disediakan, kami pun dibebaskan untuk memilih pelampung, sepatu, dan ban udara yang akan kami gunakan selama rafting nanti. Kami tidak sabar untuk segera meluncur ke sungai, saya pikir jarak tempat administrasi dan Goa Pindul itu bersebelahan, ternyata tidak! Kami diajak untuk berjalan kaki melewati rimbunan pepohonan sambil membawa ban udara yang ekstra besar.

Bulan Yuandani, 21 Tahun, Mahasiswi :P

Bulan Yuandani, 21 Tahun, Mahasiswi😛

Di lokasi awal, kami dipandu untuk menaiki ban udara yang kami bawa. Saya kira naiknya gampang, ternyata lumayan juga! Jika kurang hati-hati, bisa-bisa kita kita nyebur sebelum peperangan!😛 kami juga dipersilakan untuk membawa kamera selama kegiatan cave rafting berlangsung. Saya kembali berpikir, apa kameranya gak akan nyemplung? Tenang saja! Selama kita mematuhi prosedur yang dikeluarkan pemandu, kejadian tersebut tidak akan sampai terjadi. Saya pun merasa tenang, terlebih, kelompok orang yang melewati kami malah membawa gadget yang lain seperti Mp3 player dan henfon, mungkin sedang update location di Path mereka!😛

Siap Mengarungi Goa! :mrgreen:

Siap Mengarungi Goa!:mrgreen:

Setelah semua siap, kami pun meluncur! Dengan mengandalkan dayung kaki, kami mulai memasukki goa. Perlahan namun pasti, pemandu menjelaskan bahwa kami akan melalui 3 lokasi didalam goa, yaitu wilayah terang, wilayah remang-remang, dan wilayah kegelapan abadi.

Stalaktit didalam Goa

Stalaktit didalam Goa

Didalam goa, terdapat stalaktit dan stalakmit yang menjulang, terbentuk karena tetesan air selama jutaan tahun lamanya, terdapat batu tirai yang sangat besar. Kenapa disebut batu tirai? Karena stalaktit yang terbentuk menyerupai tirai!😛 Terdapat juga batu stalakmit yang sangat besar ditengah-tengah goa yang menjorok ke air. Kami pun memasuki wilayah kegelapan abadi. Jangan harap bisa melihat sesuatu didalam sana, asli gelap gulita! Asyik banget! Jadi tidak sabar untuk mengetahui hal apa yang akan terjadi di wilayah lainnya!

Batuan Tirai

Batuan Tirai

Didalam goa juga terdapat batu yang konon dapat meningkatkan keperkasaan pria. Perlu dicoba nih, meskipun kevalidan dari mitos tersebut belum tentu shahih, saya hanya menanggapi hal tersebut sebagai hiburan semata😉 bau kotoran kelelawar pun menyerang, saya arahkan blitz kamera keatas. Disana terdapat beberapa ekor kelelawar, hidup kelelawar yang memang menyukai tempat kegelapan, jangan heran bila terkena kotoran kelelawar saat berkunjung ke goa Pindul!:mrgreen:

Kotoran Kelelawar? Iyuuwk! :|

Kotoran Kelelawar? Iyuuwk!😐

Bersiap Untuk Nyebur! :D

Bersiap Untuk Nyebur!😀

Sampailah kami di tempat yang direkomendasikan untuk berenang. Ditempat tersebut terdapat lubang yang memancarkan cahaya matahari masuk kedalam goa. Tidak tunggu lama, kami pun ditantang untuk melompat dari ketinggian dan nyebur ke sungai!

Fidi Fitriadhi, 21 Tahun, Mahasiswa :P

Fidi Fitriadhi, 21 Tahun, Mahasiswa😛

Airnya Sejuk Banget!

Airnya Sejuk Banget!

Setelah puas ‘atraksi’ loncat dari ketinggian, kami pun melakukan body rafting sampai keluar goa. Airnya sejuk dengan kedalaman yang tidak bisa saya rasakan dengan kaki.

Berenang-renang Ketepian

Berenang-renang Ketepian

Kami pun berenang sejenak di lokasi tempat keluar goa.

Asyik Banget!

Asyik Banget!

Setelah keluar dari lokasi goa, kami dipersilakan untuk naik keatas dan pulang dari lokasi. Cara yang recommended untuk naik keatas bendungan adalah dengan menggunakan tali yang tersedia di area. Biar gaya kayak pendaki gitu!😛

Naik.. Naik.. Keatas Bendungan

Naik.. Naik.. Keatas Bendungan

Kami dijemput dengan menggunakan mobil bak terbuka dan diantar sampai ke lokasi administrasi. Tempat pertama kami datang ke goa Pindul.

Kayak Tawanan Ya! :|

Kayak Tawanan Ya!😐

Perjalanan yang lumayan melelahkan, sesampainya di lokasi administrasi, kami pun kembali berganti kostum dan dipersilakan untuk menikmati wedang jahe yang dapat menghangatkan tubuh setelah berlama-lama nyebur di air.

Sampai Jumpa Goa Pindul! :wave:

Sampai Jumpa Goa Pindul!

Sebelum berniat pergi ke goa pindul, lebih baik melakukan reservasi terlebih dahulu. Di Wirawisata Goa Pindul ini terdepat 2 alternatif rafting. Ada cave rafting seperti yang saya nikmati (Harga Rp 30.000,-) atau river rafting (Harga Rp 40.000,-), bisa juga menikmati kedua-duanya dengan akumulasi harga tersebut.🙂 Saya dapat informasi dari teman, bahwa nomor kontak yang dapat dihubungi untuk reservasi adalah Haris Purnawan, 0859596565561. Pembaca yang berniat berwisata ke Goa Pindul, dapat menghubungi nomor tersebut!😉

4 thoughts on “Gelap-gelapan di Goa Pindul Gunung Kidul

  1. Goa pindul memeng keren oiii, sekedar informasi, sekarang paket wisata di goa pindul semakin bertambah, bukan hanya penelusuran goa saja mas , tetapi ada rafting, outbound, offroad dll. Monggo berkunjung lagi ke goa pindul, diajakin temen temen yg lainnya ya, bagi Anda yang nggak hapal jalan, kami siap menjemput dari jalan raya, GRATIS !, silahkan hubungi nomer kami di 089 929 78884 atas nama : Aan untuk bantuan penjemputan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s