Praktikan Laboratorium Statistika Industri


Hai blogworld! It’s been a long time since I’ve been sacrifice my life for college world. Seperti biasa dengan janji-janji yang bakal ditepati berupa nge-blog minimal tiap bulan. ternyata KAGAK! Sorry-sorry-sorry! By the way, saya lagi sibuk menjadi Volunteer Toy Camera Plastic di Bandung nih. Dan yang pasti sibuk kuliah.

Oh iya, sekarang saya sudah semester 4 nih. Gak kerasa banget kan, udah mau nginjek semester 5. Terus semester 6. Terus semester 7. Terus semester 8, terus SARJANA! Huahahaha!

Dan… Saya sekarang sedang menerima cobaan menjadi praktikan. Udah pada baca kali ya di postingan yang di Tumblr, kalo jadi mahasiswa teknik tuh ternyata gak semudah bacain 9gag. Ternyata penuh perjuangan banget! Dari semester 1 yang cuma bisa ketawa-ketawa ngeliat kakak angkatan nangis galau gara-gara praktikum. Ternyata sekarang nangis sendiri karena ngerasain apa yang mereka rasain dulu. Sungguh ironis! -_-

Statististika. Ya! Statistika! semua orang pasti pernah belajar mengenai ilmu yang digarap serius oleh para penjudi untuk mencari peluang mengenai kemunculan sebuah dadu, atau kartu remi, atau apapun. (pokoknya peluang deh.) pastinya juga pernah belajar kan di kampus atau di SMA. (kalo gak salah waktu kelas XI deh kalo yang jurusan IPA.) sekarang saya belajar lagi! dan ada praktikumnya! widiih! pasti keren banget kan kalo mata kuliah ada praktikumnya. kesannya tuh mata kuliah berbobot banget. ditambah, emang dari SMA saya pernah menjadi secret admire nya materi statistik (karena gampang ngitungin permutasi kombinasi) ditambah dosennya cantik beut! salah satu dosen favorite saya di kampus karena kebaikan dan kecantikannya (Bu Yuniar) ditambah semangat belajar. dan… kakak-kakak tingkat yang saya kenal, sekaligus mantan asisten lab statistika (kang haris, kang meydi, teh ririn, kang upil, kang bandar) semuanya nge-IYA-in kalo saya harus masuk statistika karena ke-KEPO-an saya di dunia persilatan cocok banget untuk stalking di lab statistika, heheh. okesip! makin ngiri plus pengen cepet-cepet banget ngambil formulir lab statistika!

but it getting worst. what I’m expect is not what reality happens

dimulai dari kuliahnya.. materi pertama yang saya dapet adalah statistika deskriptif.. oke, I cant handle it. materi kedua. estimasi… (baru garuk-garuk kepala) materi ketiga. chi kuadrat! APA!! Teori ProBABIlitas lagi! Kayaknya saya gak bisa anggep remeh nih materi! ditambah, praktikum!! Untung banget praktikumnya 2 minggu sekali. dan praktikumnya ada 6 modul. dari modul 1 sampe 3, semua rintangan bisa teratasi. sampai datanglah UTS 2

kebetulan waktu UTS 2 tuh bertepatan banget dengan pembinaan Mahasiswa Baru Teknik Industri angkatan 2011. terbagilah pikiran menjadi 3 cabang : 1) untuk kuliah 2) untuk pembinaan dan 3) untuk galau! :p setelah liat hasil UTS 2. ya AMPUN… -_-

kejadian lain yang gak kalah seru adalah modul 5. kami team 14 (Pamor, Indra, dan saya) dan semua team praktikan lab statistika periode 18, diberikan tugas untuk liburan berkunjung ke Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. tujuannya, mencari data suatu pengamatan yang bersifat dipengaruhi dan mempengaruhi (independent dan dependent) dan ternyata, asisten yang bertugas membimbing kami (team 14) (yang kata angkatan 2010 sih mirip angry birds -_-) salah memberikan instruksi! saya yakin banget dia salah! soalnya, kami sudah mendapatkan data apa yang dia suruh. tapi katanya “ini datanya gak independet, ini datanya, ini.. itu” shhhhh!! 7 kali kita bolak-balik BPS Jabar dan pada akhirnya dia nge-IYA-in kalo data yang kami setor waktu pertama kali itu benar! dafuq! -_-

keajaiban lain di modul 5 adalah… ngerjain SPSS! asli gajelas banget itu aplikasi, sampe-sampe aplikasinya aja “program is stop working” beberapa kali di PC saya! WHAT THE HELL PC!!! ditambah virus yang ditularkan oleh flashdisk yang asal colok ke laptop saya untuk minta file aplikasi SPSS nya ituloh yang ngeselin. berternak virus karena waktu itu komputer di lab ada 1 yang terkena gangguan. berhubung hanya saya yang membawa laptop, asisten meminta saya untuk meminjamkan kepada teman yang tidak kebagian PC di lab. tapi itu virusnya doooh! -_-

gak sampe sana, keajaiban modul 5 adalah ketika Presentasi! waktu itu tenang, dingin, dan tidak terlalu banyak hiruk-pikuk. saya waktu itu yang baru mengikuti perekrutan lab proses produksi, terpaksa cabut duluan karena mau presentasi. ditemani lagu K-Pop dari Big-Bang – Fantastic Baby, saya selonjoran didepan Lab Statistika, menunggu asisten yang mau menantang kemampuan kami (Team 14) dalam presentasi modul 5, modul yang telah kami pelajari. asisten pun datang, dan kami siap bertarung. dengan joget-joget mengikuti irama lagu dari Big-Bang, saya bersama teman-teman yang lain berjalan menuju ruang penguji.

setelah dipersilakan duduk, saya yang belum melepas headset, tiba-tiba merasa ditunjuk, meskipun tidak mendengarkan orang yang menunjuk saya. setelah membuka headset dari telinga, barulah saya sadar ternyata orang yang melotot sambil menunjuk-nunjuk tersebut memang bermaksud sewot terhadap saya.

asisten : “kamu mas!”

nafis : “saya?”

asisten : “iya kamu! kamu tadi sedang apa?”

nafis : “……???”

asisten : “kamu.. tadi.. SEDANG APA di belakang Gina?”

*ruang pengujian hening banget, dan suara asisten mengalihkan dunia semua praktikan yang sedang presentasi disana*

nafis : “saya… eng..enggak ngapa-ngapain kang! saya mau presentasi sekarang!”

asisten : “heh! kamu jangan macem-macem ya, tadi saya liat dengan mata-kepala saya sendiri, kamu mengolok-ngolok gina dari belakang. maunya apa kamu? mau ngehina asisten? mau nyemoohin asisten?”

nafis : “masih bingung saya kang, saya gak ngerti maksudnya apa!”

pamor : “oh yang tadi kamu na, nari-nari sambil dengerin Mp3”

nafis : “oh itu.. engga kok kang saya gak maksud ngehina teh Gina. saya tadi emang joget-joget biasa aja, emang kebiasaan saya aja kalau dengerin lagu suka joget-joget, tanyain aja Nissa atau Martin!”

nafis : “eh, maksud saya, teh Nissa sama kang Martin!”

setelah kesalah-pahaman itu, semua asisten, (iya, SEMUA!) kecuali Martin, berdiri mengelilingi kami! PRAKTIKAN! dengan pentolan geng mereka (Tatia Brunner) entah kenapa semuanya jadi aneh! apa yang saya hafalin semalem gak bisa keluar dari lidah! gilak, saya gak mungkin gak belajar, saya gak mungkin gak berusaha untuk statistika industri. karena emang dari semester 3 udah diwanti-wanti pengen BANGET jadi asisten statistika. keikutsertaan saya untuk lab proses produksi juga karena dibujuk temen, gak terlalu serius meskipun pengen :p. tapi kenapa ini lidah kelu banget gak bisa jawab pertanyaan!😦 sampe pertanyaan yang biasanya saya habisin di modul 1 sampe 4 itu, gak ada! semuanya dijawab oleh praktikan lain! oh god, save me!😦 sampe-sampe Tatia Brunner (panggil : teh aii) dengan suara pedas bilang : “kamu mau main-main dengan Statistika Industri? kalau mau main-main, saya juga mau main-main ngasih nilai!!” OH GOD WHAT HAPPEN WITH MY MIND! semua yang dipikirin buyar gara-gara gak bisa jawab hampir semua pertanyaan karena dicecer kayak tadi!😦

semoga aja nilainya keluar minggu depan dengan hasil yang masih “berbelas kasihan” dan saya janji di modul 6, nilai harus GEDE banget! UAS gede banget! menuju A tak terbatas! menuju Statistika XIX Nafis!😀

New Wishlist Happen on May :

– Mendapatkan konten baru untuk Windows 8 saya

– Menjalankan himpunan dan perkuliahan secara seimbang

– Menabung untuk tiket The Cardigans Live Tour Asia ke Jakarta!

– Mulai menabung untuk Phuket Trip tahun baru 2013

– Menjadi Asisten Statistika Industri Itenas periode 19

– Gadget baru? Why not! Samsung Galaxy S-II please! :p

– Mengelola Blog ini! hahaha!

moderated on July, 12 2012 at 10.47pm

Tinggalkan Balasan

