Teknologi Informasi Hadir Diantara Kita


Alhamdulillah. Akhirnya nge-Post lagi! Setelah sebelumnya sempat Vaccum karena kesibukan Kuliah, Rapat Himpunan, Main, De-El-El!😆

 Sebelumnya saya ucapan Terima Kasih kepada Gilang R. Perdana (Maaf gak tau Link nya Mas Gilang, jadi gak dikasih Link deh!😦 ) yang telah nge-share Link perlombaan Blog di Computing Cup 2011 ini, di Forum alumni SMA. Tanpa-nya, mungkin saya sudah terlena oleh Dunia Lain!😛

Mungkin kita sering terlupa, atau mungkin tak menyadari, perkembangan teknologi dewasa ini semakin pesat. Pada awal kehadirannya pun tak dapat disangka-sangka, bahkan pernah jadi cemooh orang. Namun lihat saja, perkembangan teknologi telah “menjamur” ke berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun, tak dapat meghindari kenyataan ini.

Seperti yang dikutip dalam Wikipedia :

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel)

Teknologi Informasi telah menjadi sahabat masyarakat. Orang-orang semakin sulit untuk terlepas dari hal ini. Perkembangan ilmu pengetahuan telah memaksa ilmuan untuk berinovasi menciptakan hal-hal baru, yang bertujuan untuk meringankan beban kehidupan. Banyak pula bisnis di bidang ini yang tidak pernah sepi, sehingga makin banyak dan menjamurlah Teknologi Informasi di masyarakat. Tidak menutup kemungkinan bahwa ada Pro dan Kontra karenanya. Banyak yang diuntungkan, namun tak sedikit juga yang dirugikan.

Kehadiran Teknologi Informasi diantara kita, telah mengubah pola hidup masyarakat luas. Bayangkan kalau kita hidup di jaman Siti Nurbaya, yang ketika kita akan mengirimkan pesan, kita harus menulis serta mengirimkannya ke Tukang Pos. Disamping membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai di tujuan, juga biayanya yang tidak murah. Sekarang tidak perlu repot lagi! Kita mengenal teknologi bernama Surat Elektronik, atau yang lebih familiar disebut sebagai E-mail.

Kehidupan lebih sejahtera. Ibu-ibu rumah tangga tidak perlu lagi kerepotan untuk melakukan tugas rumah tangga-nya. Untuk keperluan mencuci misalnya, banyak ibu rumah tangga yang jarang mencuci menggunakan tangan. Baju Kotor tinggal kita masukkan kedalam Mesin Cuci, dan mesin-pun akan menggiling cucian hingga bersih. Sementara ibu membereskan hal yang lain. Pekerjaan rumah tangga jadi lebi efisien.

Hidup harus jadi lebih produktif. Dengan kehadiran Teknologi Informasi, masyarakat dapat memanfaatkannya untuk berbisnis di dunia maya. Banyak Web penyedia lapak tersebut, seperti Ebay, TokoBagus, dan yang lebih terkenal lagi adalah Kaskus.

Begitupun dibidang Pendidikan. Berterima-kasihlah kepada Ilmu Pengetahuan! Tanpa-nya, saya, dan mahasiswa yang lain akan lebih kesulitan mengeksekusi tugas kuliah yang diberikan dosen. Bayangkan! Ayah, Ibu, dan orang-orang sebelum kita, ketika diberi tugas oleh dosen, mereka harus rajin mencari buku ke perpustakaan, belum lagi bila Text Book yang ada di perpustakaan menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar. Sekarang, tinggal buka internet dan ketik Keyword di Search Engine-nya, maka dunia pun muncul didepan muka kita. Apalagi kalau kepepet mengumpulkan tugas, tangan kita tinggal menekan Keyboard Ctrl+C dan Ctrl+V di tugas kita! hahaha!😆

 Karena hidup yang serba instant, mengubah pola hidup masyarakat. Orang-orang menjadi malas untuk pergi keluar rumah hanya sekedar untuk bertegur sapa, tinggal Telfon saja, maka silaturrahmi pun terhubung. Banyak juga tindakan kejahatan yang dilakukan oleh segelintir orang yang memanfaatkan kemajuan teknologi ini. Seharusnya nila-nilai siswa di dunia ini akan lebih baik, dan wawasan mereka lebih luas karena internet telah merebak, tapi lihat kenyataannya. Banyak anak jadi malas pergi keluar rumah, untuk bermain bersama teman-temannya, berlarian dan memainkan permainan yang menguras tenaga. mereka memilih berdiam didepan gadget-nya untuk bermain game. juga, banyak yang memanfaatkan hal ini untuk hal yang tidak edukatif, semisal mengakses situs porno, dan menghasud bangsa lain dengan statement yang mereka buat di dunia maya.

Semuanya kembali kepada individu masing masing. mempergunakannya untuk hal yang positif, atau hal yang negatif. Teknologi Informasi memang telah hadir diantara kita. Tinggal kita yang menanfaatkannya dengan baik, maka kehidupanpun akan lebih baik berkat Teknologi Informasi🙂

kunjungi http://computingcup.ittelkom.ac.id dan lihatlah dunia berputar!🙂

11 thoughts on “Teknologi Informasi Hadir Diantara Kita

  1. Ping balik: Teknologi Informasi dan Keperawatan « Arip Blog

  2. Ping balik: Materi kuliah teknologi informasi keperawatan | enungmeida

  3. Ping balik: materi kuliah teknologi informasi keperawatan | ancarsarisepti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s