Fakta tentang tidur


dari semua penyakit yang menempel di diri kia, diantaranya disebabkan oleh salah tidur. siapa sih orang yang gak pernah tidur didunia ini? tidur adalah masa dimana seseorang melepas lelah dari rutinitasnya sehari-hari. baik siang ataupun malam. tapi banyak orang yang ternyata tidur dengan salah, sehingga yang tadinya tidur untuk melepas lelah, tetapi setelah bangun tidur malah makin capek. berikut adalah tips-tips yang mungkin dapat dijadikan sebagai tidur yang benar serta menyehatkan.

1 . tidur menutup kepala

tanpa kita sadari mungkin hal ini sering kita lakukan. sebenarnya tidur sambil menutup kepala itu tidak baik, meskipun ditutupi dengan selimut ataupun kain tipis sekalipun. faktanya, menutup kepala saat tidur itu bisa menurunkan aktivitas otak. akibatnya otak dapat mengalami kemunduran beraktivitas secara konstan apabila dilakukan berulang-ulang, dan dipagi hari setelah bangun kita sering kali pusing ataupun mata berkunang-kunang.

2 . tidur menekuk

hal yang paling epos ketika kita sedang tidur adalah menekuk kaki. hal ini sebenarnya dapat menghambat aliran darah dari kaki ke jantung. hal ini juga yang menyebabkan pusing-pusing saat kita bangun tidur, karena aliran kaki terhambat. cara yang paling ampuh adalah, tidur terlentang dengan kaki disangga oleh bantal, sehingga aliran darah mengalir lancar. hingga pada saat kita bangun, badan akan terasa sangat fit untuk beraktivitas kembali.

3 . terlalu lama tidur

jangan terlalu lama tidur, idealnya anak-anak tidur adalah antara 9-10 jam, dan orang antara 14 tahun keatas tidur dibawah delapan jam. terlalu lama tidur dapat mengakibatkan pusing dan migrain saat kita bangun tidur nanti. dan ada baiknya juga tidur bisa antara 5-7 jam dan bangun pada pagi hari.

4 . bantal tipis atau besar

disamping posisi tidur yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit, ternyata bantal untuk kita tidur juga berperan besar lho. biasakan menggunakan bantal yang sesuai dengan ukuran kepala dan leher. biasanya bantal untuk menyangga kepala saja, sebenarnya leher juga harus diatur lho, agar bangun nanti tidak pegal-pegal. tempatkan bantal diatas bagu, menempati leher dan kepala

5 . jangan lupa berdo’a sebelum dan sesudah tidur!

hal ini yang mungkin terlupakan. awali dengan bismillah dan akhiri dengan alhamdulillah. dan do’a yang sering kita hafal ketika TK: “Bismika Allahumma Ahya wa Bismika Amuut” niscaya Allah akan melindungimu disaat kita terlelap!

dikutip dengan sedikit tambahan dari:

http:// inmystery.blogspot.com

6 thoughts on “Fakta tentang tidur

  1. hahahaahaahaha
    masih ada ja yang ngepost tentang tidur..
    aku mah tinggal ambil bantal ma selimut langsung bisa tidur kawand…
    hahahahhahahaha
    tyapi kalau gak sholat parah, malem2 dibangunin sama tante2 yang jaga kamarku….
    hahahahahaha..
    enak kan…
    ada yang mau ngebangunin aku…

    gimana unasnya kemaren..???

  2. wah, tidur ternyata ga boleh sembarangan ya? Klo aku sih pokoknya klo ngantuk, langsung tepar aja di kasur. Yang penting tidur😛 Eits, ga lupa berdo’a juga tapi😀

    *saran: plugin rating artikelnya mending taruh bawah aja fis, jadi orang yang ngasih rating biar baca dulu artikelnya🙂 Sory, ini cuman saran😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s