Bercerita Dengan Orang yang Sekilas Kita Kenal [ternyata asyik!]


Mampus deh gue! Belakangan ini tugas gue banyak banget. Belom kelar tugas 1 udah dateng lagi tugas laen. Boro-boro mikirin posting, mikirin makan aja sampe gue jarang. Nyadar makan kalo udah perut keroncongan miskol-miskolin pengen diisi deh!:mrgreen: Jadi sori ya kalo gue jarang posting. Bulan deket-deket April ini adalah bulannya kesibukan deh. Karena bentar lagi kelas XII mau minggat dari sekolah gue, jadi detik-detik gue duduk di bangku kelas XI bentar lagi kelar! Gak ada kakak kelas, gak ada lagi yang teriak-teriak supaya baju seragam gue dimasukkin, gak ada lagi acara dimana gue harus manggil-manggil mereka dengan awalan “KAK”, gak ada lagi penjajah lahan parkiran, gak ada lagi yang nempel aneh-aneh di mading tentang kelas XI! Entar gantian jadi gue yang ngejajah adek-adek kelas gue, gue bakalan tempel-tempel di mading tentang kejelekan adek kelas gue, ngabisin lahan parkiran, marahin adek kelas gue yang bajunya keluar, serta ngegencet mereka karena gak manggil gue kakak!! [tertawa kejahatan:mrgreen:] Tapi gue kayaknya gak akan kayak gitu deh, gue bakalan menyayangi adek kelas gue sebagaimana ibu monyet menyayangi anaknya!:mrgreen: [emang lo bakalan naik kelas Fis? :P] Lulus UN udah gue tulis di WishList. Semoga terkabul! Amin.

Akibat kesibukkan gue, gue jadi jarang pulang kerumah sore-sore. Jika hari-hari biasa gue suka pulang ke rumah jam 5, tapi sekarang jadwal pulang gue jadi sering jam 8 ke atas. Jadi gak bisa beli Bakso Mas Eco, gak bisa sepeda-sepedaan keliling komplek, jadi gak bisa juga nonton Insert Sore Investingasi Kabar Petang TV One bareng mama!:mrgreen: Mama udah ketar-ketir gue pulang malem mulu. HP gak bisa dihubungi karena habis batre. Mama pernah bilang ke gue waktu gue baru pulang kerumah jam 9 malem:

Mama: “Chuplis, kemana aja kamu pulang malem-malem gak bilang? Sekolahnya 3 Shift ya?”

Gue: “enggak kok Ma, tugas numpuk nih. Ngerjainnya di rumah temen!”

Mama: “emangnya dirumah gak bisa ya? Lain kali jangan pulang malem ya. Kalo mau pulang malem Telefon dulu. Ngapain dikasih HP kalo gak dipake? Mending mama beliin kamu Ulekan deh!”

Gue: “Sip Mother Hood!”

Setelah ngomong gitu, hari berikutnya gue nyampe rumah jam 2 pagi.

Mama: “darimana aja baru pulang pagi gini? Sekolahnya pindah lokasi ke Ukraina ya?”

Gue: “Lhaa, mama bilang kan jangan pulang malem. Ya udah aku pulang pagi!”

Mama: “…….”

Dan imbasnya, gara-gara gue keseringan pulang malem, gue jadi akrab ama penjaga komplek gue, Mang Ndhi (baca: endi) Nama aslinya sih Sopiyandi, tapi karena udah epos manggil Mang Ndhi, ya udah mending Endhi aja deh!:mrgreen:. Selama gue tinggal disana, gue baru-baru ini sih akrab ama beliau. Dulu gue takut banget ama dia. Soalnya dia galak+sangar=garang banget! Makanya kalo gue main sepeda, paling disekitaran rumah aja, gak pernah nyampe jalan raya. Kalo gue ke jalan raya, di depan Gapura pasti Beliau udah menghadang. Maksud beliau mungkin baik ya, supaya warga kompleknya tetap terlindung dari mara bahaya. Tapi ya gitu deh, caranya rada-rada KASAR halus! sangarnya itu Bho mana tahaan!:mrgreen:

Kalo lo mikir Mang Ndhi ini punya kumis tebel, Badan kekar, Kulit legam, tinggi, dan aksesoris lainnya yang makin meyakinkan bahwa beliau adalah sosok Satpam sangar, lo semua salah deh. Soalnya Mang Ndhi gak punya aksesoris yang kayak gituan! Mang Ndhi ini kurus kerempeng, bantet, Baby Face, warna kulitnya juga gak item! Sekilas liat sih mana tau kalo dia sangar. Makanya mampir-mampir ya kerumah gue. Gue kenalin ama Mang Ndhi deh! Minta tandatangan ama foto bareng juga gak apa-apa kok! Tapi jangan nyalahin gue ya kalo kalian di pukul pake Pentungan!:mrgreen: Ngomong-ngomong soal pentungan, gue kagak pernah liat pentungan punya Mang Ndhi!😀 Waktu gue tanya kemana pentungannya, beliau malah ngambil batu bata sambil bilang:

“pake ini lebih seger!”

Waktu gue berangkat sekolah subuh juga. Karena gue harus menghadiri pemantapan, masuk sekolah jam 6 pagi, jadi setelah shalat subuh pasti gue langsung berangkat. Mang Ndhi udah stay tune sambil bawa-bawa sarung. Sangar sih iya, tapi sebenernya beliau punya sisi baik kok. Terbukti waktu gue mau berangkat sekolah gak pake jaket, beliau langsung nanya gini:

“udah makan belum? Sarapan dulu dong sebelum sekolah. Mana gak pake jaket dingin gini entar sakit lho masuk angin! Tuh ada jaket di Pos ambil aja!”

Wedew! Sejahtera deh komplek gue punya Mang Ndhi! Waktu gue tanya kenapa Mang Ndhi galak banget tapi sebenernya perhatian, beliau jawab:

“Jiwa Metal, Hati Religius!”

Wah.. Gue curiga si Mang Ndhi anak Metal nih! Curiga playlist lagu yang sering didengerinnya itu kayak Avenged Sevenfold, H.I.M, Sepultura, Betrayer, Atreyu, Slipknot, atau Nirvana kali ya! Ngomonginnya metal mulu sih ni Satpam! Ibadah rajin, sangar tetep, Playlist boleh ngadu! Angguk-angguk!!:mrgreen:

Selain Mang Ndhi, orang lain yang jadi akrab gara-gara gue pulang malem adalah Ki Epen. Ki Epen ini baik banget, suka bersih-bersihin komplek, nyapa ke setiap orang yang ditemuinnya. Sekilas ketemu sih pasti semua orang mikir kalo beliau itu waras. Tapi nyatanya beliau itu Stres.😐 Ki Epen, gue kurang hapal umurnya berapa. Yang pasti beliau udah tinggal di wilayah Banjaran, Bandung, tempat gue tinggal sekarang, dari jaman penjajahan Belanda. Beliau pernah cerita sih. Waktu gue pulang jam 10 malem. Ketika gue mau masukin motor ke garasi, gue liat ada Ki Epen lagi duduk di warung Bu Ayi. Ditemanin secangkir kopi, lagu dangdut dari radio, ama rokok sambil ngeliatin langit. Ya udah gue samperin aja Ki Epen. Beliau tanya gue sekolah dimana, gue jawab di SMA Dayeuhkolot, beliau balik nanya:

“Naha di Dayeuhkolot aya sakola kitu? Indit sakola na Leumpang?*

*“Emangnya di Dayeuhkolot ada sekolah gitu? Berangkat sekolahnya jalan kaki?”

Halo Ki! Kemana aja lo! Ini bukan jaman Siti Nurbaya lagi kali! Tapi jamannya Cinderella Gaul!:mrgreen: Lagian berangkat sekolah jalan kaki, ya pake kendaraan lah! Ntar kaki gue pengkor!

Dia cerita katanya dulu wilayah Banjaran itu menjadi barak pengungsian korban Bandung Lautan Api. Penduduk Bandung membakar rumah-rumahnya supaya koloni gak menjajah, dan mereka pergi jalan kaki dari Bandung Tengah ngungsi ke wilayah Bandung Selatan, yaitu Banjaran dan sekitarnya. Dan katanya dulu itu belum ada yang nyala-nyala kayak sekarang ini, mungkin yang beliau maksud adalah Lampu!:mrgreen:. Dulu cahaya bulan masih jadi penerang malam. Bintang-bintang berkelap-kelip, gak kayak serangan, Rumah-rumah tembok dimana-mana, lampu neon bikin silau mata. Ki Epen terpisah dari keluarganya. Ayahnya dibunuh, Ibunya diperkosa dan dibunuh didepan matanya, kakak-kakaknya entah dimana. Dari situlah mungkin beliau tertekan. Kasihan Ki Epen, gue jadi merasa berdosa. L Soalnya waktu gue kecil, gue ama temen-temen komplek suka teriak-teriak:

“ITU ADA PESAWAT!!!”

kalo gue bilang gitu, beliau pasti langsung deh tiarap ke tanah, nutupin kepalanya sambil komat-kamit. Gue ama anak-anak lain sih seneng-seneng aja dulu karena gak tau. Maafin gue ya Ki, gue sadar gue salah.. L. Penduduk komplek juga sering denger waktu Ki Epen ngeluarin Wangsitnya. Tengah Malam beliau suka Teriak:

“Hormaaaaaatttt Graaaakkkk!!!!!”

Atau

“Merdekaaaaaa!!!!!”

Atau ngobrol sendiri, kadang obrolannya ngomongin tentang jaman penjajahan. Kadang nangis-nangis sendiri sambil teriak gak jelas. Yah begitulah derita orang stres. Kasian! L

Setelah cerita kayak gitu, kalo gue pulang malem dan ketemu Ki Epen, beliau suka nyapa gue. Gue samperin. Sering nanya gue sekolah dimana, padahal baru kemaren gue bilang tapi tetep aja dia nanya! Dengerin ceritanya yang itu-itu mulu sampe gue hapal! Lain kali gue bakalan tanya berapa umurnya, kira-kira beliau bisa jawab gak ya?:mrgreen: Soal dimana dia makan dan tinggal, Beliau suka tinggal di gubuk kecil pinggir taman komplek, makan dari swadaya masyarakat sebagai jasa Ki Epen membantu merawat kebersihan lah. Atau Bu Ayi yang suka nyughin kopi ama rokok di warungnya buat Ki Epen. Jasa mu pasti banyak yang kok ngenang Ki! Salah satunya GUE!! Yang udah diceritain tentang masa-masa Aki dulu!

31 thoughts on “Bercerita Dengan Orang yang Sekilas Kita Kenal [ternyata asyik!]

  1. wew, ceritanya seru n ada haru-nya juga ya. Ternyata setiap orang yang keliatannya biasa2 aja punya cerita seru juga😀

    Btw, ini bahasa apaan ya “Naha di Dayeuhkolot aya sakola kitu? Indit sakola na Leumpang?*

  2. wah, asik tuh nambah2in temen yg bakal ngelindungin qta klo diganggu orang yg kelewat iseng…
    sekuriti gitu looh….

    saLam y bwt mang Ndhi + Ki Epen..

  3. waduh..
    maaf banget saudaraQ..
    aku bingung mulai dari mana bacanya…
    tak kusangkan kalau engkau adalah kakak kelasQ…
    aku masih kelas 10…
    ciakakakakaka….
    halo kakak…
    gimana nich kabarnya..?

  4. @ Kahfi : ntar gue salamin deh!

    @ Prasetya Yudha : jangan cuma lewat aja donk! mampir!

    @ Phiy : gue kurang ngarti maksud lo !:mrgreen:

    @ shabel1 : yuupp.. semangat semangaat!😀

    @ Rian Xavier : semangat.. semangat!!!!

    @ angga : emang asik ya! hahaha!

    @ aziz : gue juga iseng sih. asal tulis aja dapet kata2 gitu!

    @ life choice : yah.. namanya juga anak nakal!😛

    @ ardian : makaknya sering2 mampir sini donk! bahasa sunda tuh!

    @ belajar bikin blog : pake sendok aja kayaknya nyambung !:mrgreen:

    @ fandi : wahh.. brandalan deh gue!:mrgreen:

    @ yak : ehehehe! sering2 main sini ya!

    @ kahfi [lagii] :baik Fi !😀

    @ livia : pengen cepet kelas XII !😦

    @ rossa : jangan ama tembok, tapi ama batu aja. lebih nyambung tuh!😀

    @ tandud : semoga lo ketrima di SMA favorit lo deh!~

    @ Nafi+s : eh.. lo kemana aja! gue kakak lo donk!😀

    @ balladona : sepertinya gue gak bisa jadi kakak kelas yang baik deh!😦

    @ wennyaulia : wah.. preman Freddy donk! kayak di komplek gue! hehehe

  5. @ kahfi : foto lo kagak nahaan!:mrgreen:
    @ fierga : gue kelas XI kok! taun depan gue kelas XII. do’ain ya!
    @ Qnuun : rame tau! lo cobain aja sendiri! hehehe!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s